SELAMAT DATANG DI BLOG PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ICT :)

JADWAL WAKTU SHALAT

Jadwal Waktu Shalat Wilayah Semarang

"Selalu ada Allah SWT, maka berharaplah kepada-Nya" (Allah.SWT)
Home

MUSIC

Selasa, 18 November 2014

Apakah Linux itu (?)

Mungkin untuk sebagian orang kata Linux itu asing di telinga,, karena jujur saya sendiripun awalnya awam banget dengan istilah LinuxNamun setelah mengenal, mempelajari, dan menggunakan ternyataLinux mudah dan menyenangkan, walaupun saya sendiri pun belum mahir untuk menggunakannya. Banyak sekali aplikasi kimia yang ada di Linux yang tentunya sangat berguna buat kita.
Berikut sedikit penjelasan tentang apa itu Linux?

Definisi Linux
Linux adalah Operasi Sistem (OS) sama seperti Windows. Asas Linux bermula daripada proses pengembangan UNIX yang mana merupakan implementasi bebas dari POSIX, multi-tasking, vitual memory, shared libararies, demand loading, proper memory management, dan multi user. Linux mula diperkenalkan sekitar tahun 1991 menggunakan Linux Kernel yang mana dicipta oleh Linus Torvalds di Universiti Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dibangunkan/diubahsuai oleh programmer dan hackers seluruh dunia dibawah GNU General Public License atau lain-lain lesen secara percuma.

Distribusi Linux

Sepertimana Windows yang mempunyai banyak versi seperti Windows 98, Windows XP, Windows Vista dan yang terbaru Windows 7.  Linux juga mempunyai banyak versi yang lebih dipanggil distribusi seperti :-
1.     Red Hat
2.     UBuntu
3.     CentOS
4.     OpenSuSe
5.     Debian
6.     Fedora
7.     Gentoo Linux
8.     Mandrive Linux
9.     SlackWare
10.        Sabayon Linux
11.        PC Linux OS
12.        SLAX
                Dan banyak lagi distribusi, dianggarkan distribusi linux sebanyak lebih kurang 600 Distribusi Linux yang sedang dibangunkan. Untuk melihat senarai Distribusi Linux boleh ke Wikipedia di ‘List of Linux Distribution.
              Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.

                     Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kode sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan program penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebutBazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau dua pengembang saja.

2 komentar :